Monday, December 13, 2010

Analisis Program Radio


Program Anak : Dongeng Pagi
Station                          :           Female Radio
frekwensi                :           97.9 FM
analisis program :
Program ini khusus di ciptakan untuk anak – anak di kalangan TK sampai SD. Berisi tentang kumpulan dongeng – dongeng anak yang bekerja sama dengan majalah Bobo. Pembawa acaranya yaitu Paman Gary dan Bubu Mini yang akan membawakan dongeng dengan gaya khas penceritaan anak – anak.
Acara ini di siarkan setiap hari senin – jumat pukul 06.00 WIB selama 1 jam. Terdiri dari 2 segmen, yaitu segmen yang pertama selama 30 menit paman Gary dan Bubu Mini membawakan cerita dongeng dengan di iringi dengan sound effeck yang membuat cerita makin hidup, kemudian di segmen yang kedua selama 30 menit mengadakan telephone interaktive antara pendengar dengan penyiar menanyakan seputar sekolahnya, orangtuanya, dan lain-lain sebelum mereka pergi ke sekolah.
Pelafalan Dongeng Pagi ini bergaya pengucapan anak – anak, namun tidak di cadel – cadelkan, menggunakan bahasa yang mudah di mengerti oleh mereka, dan topik pembicaraan disesuaikan dengan dunia anak – anak.
Acara ini juga memberikan pengetahuan dengan anak – anak, seperti pada materi dongeng kali ini, menceritakan tentang anak ayam yang kehilangan induknya, di akhir cerita, penyiar memberi kesempatan kepada pendengar untuk menjawab pertanyaan, ‘’ayam itu unggas atau buras” ? lalu dengan polosnya anak itu menjawab buras, jawaban anak tersebut salah, lalu paman Gary memberitahukan jawaban yang benar, yaitu ayam itu termasuk dalam keluarga unggas.
Berisi lagu – lagu yang bertemakan anak – anak, seperti Mandi setiap hari, yang mengajarkan kepada anak – anak agar mandi 2x sehari. Dongeng Pagi yang disiarkan oleh Female Radio ini sesuai dengan standar profesional radio siaran sebagi salah satu bentuk etika dalam dunia penyiaran di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Menu

Recent Post


ShoutMix chat widget